Thursday 15 November 2018

EFUSI PLEURA THORAX BAB I

KATA PENGANTAR

Puji syukur penulis panjatkan kehadirat Allah SWT, karena atas rahmat dan hidayah-Nya penulis dapat menyelesaikan makalah tentang “PATOFISIOLOGI FARMAKOLOGI ASKEP EFUSI PLEURA THORAX ”, yang mana makalah ini disusun untuk memenuhi salah satu tugas Keperawatan Medical Bedah ( KMB 1 ).
Dalam penyusunan makalah ini, penulis banyak mendapatkan bantuan dari berbagai pihak. Untuk itu, penulis mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu dan memberikan saran. 
Penulis menyadari bahwa, dalam pembuatan makalah ini masih banyak kekurangan. Oleh karena itu, saran dan kritik yang membangun sangat penulis harapkan. Akhirnya penulis berharap agar makalah ini bermanfaat.





BAB I
PENDAHULUAN
Latar Belakang 
Efusi pleura adalah suatu keadaan dimana terjadi penumpukan cairan melebihi normal di dalam cavum pleura diantara pleura parietalis dan viseralis dapat berupa transudat atau cairan eksudat. Efusi pleura merupakan penyakit sekunder terhadap penyakit lain, jarang merupakan penyakit primer, secara normal ruang pleura mengandungsejumlah kecil cairan (5-15ml) berfungsi sebagai pelumas yang memungkinkan permukaan pleura bergerak tanpa adanya friksi. (Smeltzer C Suzanne, 2002).
Pleura mempunyai bentuk anatomi yang kompleks serta resiko kelainan patologi yang besar. Hal ini terlihat pada rongga pleura uang sewaktu-waktu dapat terkena keadaan patologis yang serius seperti efusi karena infeksi, neoplasma, hemothoraks, kilothoraks, empiema, dan adanya udara karena pneumothorax. Sedangkan tindakan peniadaan terhadap rongga pleura ini tidaklah memberikan akibat yang serius. Contoh keadaan ini dapat dilihat pada binatang gajah (mamalia), yang tidak mempunyai rongga pleura, sedangkan rongga yang potensial antara paru-paru dandinding dada tugasnya digantikan oleh pelapis jaringan yang elastis dan avaskular
Efusi pleura merupakan penyakit saluran pernapasan. Penyakit ini bukan merupakan suatu disease entity tetapi merupakan suatu gejala penyakit yang serius yang dapat mengancam jiwa penderita (WHO).
Secara geografis penyakit ini tersdapat diseluruh dunia bahkan menjadi masalah utama di negara – negara yang sedang berkembang termasuk Indonesia. Hal ini disebabkan karena faktor lingkungan di Indonesia. Penyakit efusi pleura dapat ditemukan sepanjang tahun dan jarang dijumpai secara sporadis tetapi lebih sering bersifat epidemikk di suatu daerah.
Pengetahuan yang dalam tentang efusi pleura dan segalanya merupakan pedoman dalam pemberian asuhan keperawatan yang tepat. Disamping pemberian obat, penerapan proses keperawatan yang tepat memegang peranan yang sangat penting dalam proses penyembuhan dan pencegahan, guna mengurangi angka kesakitan dan kematian akibat efusi pleura.

1.2 Rumusan Masalah 
Apa definisi dari efusi pleura ?
Bagaimana etiologi dari efusi pleura ?
Bagaimana patofisiologi dari efusi pleura ?
Bagaimana dari asuhan keperawatan dari efusi pleura ?
1.3 Tujuan 
Untuk mengetahui definisi dari efusi pleura. 
Untuk mengetahui etiologi dari efusi  pleura.
Untuk mengetahui patofisiologi dari efusi pleura.
Untuk mengetahui asuhan keperawatan dari efusi pleura

                       

0 komentar:

Post a Comment