Thursday 29 November 2018

Penyebab penyakit kurap atau kadas

Infeksi kurap atau kadas tidaklah disebabkan oleh cacing parasit,  melainkan dengan berbagai jenis jamur.  Penyakit ini bisa menyerang anak-anak maupun orang dewasa. Kadas atau kurap adalah penyakit kulit yang sejenis, namun umumnya lebih dikenal dengan istilah kurap.



Penyebab

Kurap atau kadas adalah salah satu jenis penyakit kulit yang disebabkan oleh infeksi jamur dermatofit yang hidup di beberapa bagian tubuh dan berkembang di daerah yang hangat dan lembab pada bagian kulit. Bagian yang sering menjadi sasaran adalah kulit kepala, kaki, selakangan, janggut, wajah, tangan, kuku,

Gejala-gejala

  1. Luka memerah pada kulit yang bentuknya melingkar menyerupai cincin. 
  2. Kulit bersisik dan terasa gatal
  3. Kepala menjadi botak fan janggut menjadi rontok
  4. Beberapa terkadang mengalami demam dan pembesaran getah bening pada leher. 
Penularan 

  1. Melalui kontak langsung kulit ke kulit
  2. Barang-barang yang di gunakan oleh penderita 
Pengobatan 

  1. Siapkan kunyit sebesar ibu jari, kemudian diparut hingga halus. Campurkan denagn kapur sirih, kemudian oleskan pada kurap. Lakukan secara rutin 2 kali sehari setelah mandi. 
  2. Siapkan daun tembakau secukupnya kemudian ditumbuk sampai halus, lalu oleskan pada kulit yang terkena kurap. Lakukan 2 kali sehari secara rutin. 
  3. Siapkan daun mimba secukupnya, kemudian memarkan hingga halus. Lalu tempelkan pada bagian yang terkena penyakit kurap. Lakukan secara teratur sampai sembuh.
Sumber : Rimbi Noviya. 2014. Buku penyakit-penyakit menular. Jogjakarta :saufa

0 komentar:

Post a Comment