Saturday 17 November 2018

KANKER PARU DAN PNEUNOMIA. BAB I PENDAHULUAN



1.1 Latar Belakang

Kanker paru atau CA Paru adalah pertumbuhan sel kanker yang tidak terkendali dalam jaringan paru-paru yang dapat disebabkan oleh sejumlah karsinogen lingkungan, terutama asap rokok (Suryo, 2010 : 27).
Menurut World Health Organization(WHO), kanker paru-paru merupakan penyebab kematian utama dalam kelompok kanker baik pada pria maupun wanita. Sebagaian besar kanker paru-paru berasal dari sel-sel di dalam paru-paru, tetapi bisa juga berasal dari kanker di bagian tubuh lain yang menyebar ke paru-paru(Suryo, 2010 : 27).
Penyakit Pneumonia Menurut Bruner dan Sudarth(2003) Pneumonia adalah proses inflamasi dari parenkim paru yang umumnya disebabkan oleh preparat infeksius. Menurut Murwani A(2011) Pneumonia adalah keadaan akut pada paru yang disebabkan oleh karena infeksi atau iritasi bahan kimia sehingga alveolli terisi oleh eksudat peradangan.
Perawat sebagai tenaga kesehatan harus mampu memberikan asuhan keperawatan yang efektif dan mampu ikut serta dalam upaya penurunan angka insiden kangker paru melalui upaya preventif, promotot, kuratif dan reahabilitatif.

1.2  RUMUSAN MASALAH

Adapun rumusan maslah dalam makalah ini, yaitu:

1.      Apa yang di maksud dari CA Paru dan Pneumonia
2.      Apa Patofisiologi dari CA Paru dan Pneumonia
3.      Sebutkan  farmakologi dari CA Paru dan Pneumonia

0 komentar:

Post a Comment